Sate Bumbon, Kuliner Khas Kendal Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Sate Bumbon Khas Kendal Koalisi Mantap Sate Sapi dan Sayur Lodeh

Rabu, 22 Desember 2021 - 10:57 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Satu lagi kuliner khas Kabupaten Kendal yang menggungah selera dan tentu lain daripada yang lain. Ya, bagi anda penggemar sate menu satu ini patut anda coba. Sate dengan citarasa yang beda dari biasanya. Namanya sate bumbon. Bahan utamanya, daging sapi yang direndam terlebih dahulu dengan bumbu rempah-rempah. Dan yang membuat khas adalah sate bumbon tak hanya disantap dengan sambal kacang, tetapi juga dengan sayur lodeh nangka khas pantura.

 

Sate bumbon merupakan kuliner khas Kendal Jawa Tengah. Terutama di Kecamatan Pegandon. Pelopornya adalah Sarmadi yang membuka warung sate bumbon sejak tahun 1984, dan sekarang diteruskan oleh anak-anaknya. Sate bumbon memang beda. Sebelum dipanggang, daging sapinya direndam lebih dulu dengan bumbu selama beberapa jam. Sehingga citarasa bumbu dan aromanya benar-benar meresap hingga ke dalam daging.

 

Tak hanya itu, saat dipanggang pun juga di celup lagi ke dalam bumbu beberapa kali hingga matang.

 

"Makanya ini disebut sate bumbon. Karena banyak bumbunya. Ada laos, ketumbar, serai, bawang, daun jeruk, gula jawa, garam, dan lain-lain. Rasanya mirip dendeng tapi empuk," kata Pak Nur, salah satu koki di warung sate bumbon Pegandon Kendal.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral