festival lomba membatik mural.
Sumber :
  • tim tvone - hartono

Festival Lomba Membatik Mural, Tanamkan Kecintaan Terhadap Batik Tulis Tuban

Rabu, 22 Desember 2021 - 17:25 WIB

Tuban, Jawa Timur - Sebanyak 124 peserta beradu kanvas dalam festival lomba membatik mural dengan tema Batik Tulis Tuban. Lomba yang diselenggarakan pemerintah kabupaten ini dipusatkan di gelanggang olahraga Rangga Jaya Anoraga, Jalan Teuku Umar Tuban. Kegiatan ini digelar untuk menanamkan kecintaan terhadap batik tulis Tuban, dan mengenalkan batik ke kalangan pemuda.

Lomba dibagi menjadi 40 grup, dari tingkat pelajar sampai masyarakat umum. Kategori umum diikuti oleh 21 kelompok dan untuk kategori pelajar SLTA diikuti 19 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari maksimal 4 peserta dan minimal 2 peserta.

Ketentuan festival ini menggunakan 40 opsi motif batik yang sudah mendapatkan izin dari Pemkab Tuban. Motif batik yang sudah ditentukan ini, dapat dikolaborasikan dengan berbagai gambar lainnya, sesuai dengan tema dan makna yang diusung oleh masing-masing peserta.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dan antusias dari para peserta yang mayoritas adalah seniman muda. Mereka berharap acara seperti ini diadakan setiap setahun sekali, sehingga dapat mendorong kecintaan para anak muda terhadap budaya tinggalan leluhur.

“Harapan kami, kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun, sehingga mendorong generasi muda untuk mencintai dan merasa memiliki terhadap budaya tinggalan leluhur,” tutur Mimi Ilmi, salah seorang peserta festival.

Kegiatan ini digelar Pemkab Tuban sebagai rangkaian dari Hari Jadi Tuban yang ke 728.

“Semoga kegiatan ini mampu menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap batik tulis, khususnya Tuban di hati masyarakat, khususnya para generasi muda di Tuban,” ungkap Agus Wijaya, Kepala Dinas Diskoperindag Tuban. (Hartono/hen)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
12:46
04:24
01:47
06:16
02:03
Viral