ilustrasi frozen food.
Sumber :
  • tim tvOne

Beli Frozen Food, Bagaimana Cara Simpan yang Baik?

Kamis, 29 Juli 2021 - 10:33 WIB

Jakarta - Frozen Food merupakan makanan yang enak dan disukai oleh keluarga. Apalagi harganya cukup terjangkau, rasanya tidak jarang anda membeli banyak bahan makanan ini kemudian menyimpannya di rumah. Namun menyimpan makanan jenis beku ini ternyata ada triknya, sehingga tetap awet dan enak untuk dikonsumsi. 

Sebenarnya terdapat tanda ketika bahan makanan ini sudah tidak layak untuk dimakan, yakni ketika terdapat kristal es di dalamnya. Agar hal tersebut bisa dihindari, berikut adalah cara menyimpan bahan makanan ini dengan baik.
 
1. Cairkan Dulu Frozen Food

Agar rasa makanan tetap enak, anda disarankan untuk mencairkan frozen food sebelum mulai memasaknya. Cara mencairkannya juga tidak boleh sembarangan, setelah dikeluarkan dari kulkas sebaiknya jangan langsung mencairkan makanan ini di suhu ruangan. 

Ada tiga cara yang disarankan apabila Anda hendak mencairkannya, pertama dengan disimpan di lemari es paling bawah, menggunakan air dingin, bisa pula dicairkan langsung di dalam microwave. Nantinya setelah dicairkan, makanan harus segera dimasak agar rasanya tidak rusak. 

2. Waktu Penyimpanan yang Tepat 

Berikutnya mengenai waktu penyimpanan, setiap frozen food harus disimpan di lemari es hingga batas akhir tanggal kadaluwarsa. Namun, dengan catatan bahwa bahan makanan ini harus tetap beku sepanjang waktu di dalam lemari pendingin. Jadi jika Anda membelinya dalam jumlah besar, segera simpan ke dalam freezer. 

Ada tanggal penyimpanan tertentu untuk makanan jenis ini, misalnya sosis, kualitas rasanya akan turun dalam waktu dua bulan. Sedangkan daging yang dipotong dan diolah akan turun kualitasnya dalam waktu enam bulan. Karena itu, sebelum Anda memasukkan makanan ini ke dalam lemari pendingin, ada baiknya menuliskan tanggal. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral