Salah seorang tim ekspedisi di gua yang ditemukan di situs "Circle Stone" Jahiang..
Sumber :
  • tim tvone

Misteri Terpendam di "Circle Stone" Jahiang

Senin, 9 Agustus 2021 - 12:06 WIB

Tasikmalaya - Situs Batu Melingkar Jahiang atau "Circle Stone" Jahiang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menyimpan banyak misteri yang belum sepenuhnya terungkap meski tim ekspedisi telah ditemukan 37 situs batu melingkar.

"Ada 37 batu melingkar atau "Circle Stone" dan diperkirakan masih banyak batu melingkar yang terkubur," kata Ketua Ekspedisi "Circle Stone" Jahiang, Hadi Permana Sofyan, Minggu.

Terlebih, lanjutnya, "Circle Stone" Jahiang berada di komplek makam keramat Sembah Tuan Alam yang berlokasi di Kampung Cipeujit, Desa Jahiang, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.

Hadi menyampaikan bahwa timnya juga menemukan beberapa gua yang berada di dekat lokasi batu melingkar tersebut, yakni Gua Munding dan Gua Ular.

"Ada gua munding (kerbau) yang mana  Mitosnya, pada jaman dahulu pernah terjadi peristiwa yang menggegerkan warga Jahiang, dimana ada seorang anak masuk ke gua tersebut dengan membawa seekor kerbau, sore hari saat anak tersebut keluar sudah menjadi kakek-kakek dan kerbaunya bertambah menjadi 10 ekor," kata Hadi menuturkan kisah yang berkembang di warga setempat. 

Selain itu, konon, di gua ular pernah ditemukan ular dengan diameter mencapai 70 sentimeter.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi, dan Mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) Anton Charlian, sebagai penggagas pelestarian Situs Batu Melingkar Jahiang. Situs "Cirkle Stone" Jahiang memiliki 37 buah situs batu melingkar, dan diyakini merupakan jumlah terbanyak di Dunia. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral