Merasa Gerah Akhir-akhir Ini? Berikut Tips Menghadapi Cuaca Panas.
Sumber :
  • iStock Photo

Merasa Gerah Akhir-akhir Ini? Berikut Tips Menghadapi Cuaca Panas

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:03 WIB

Belakangan ini cuaca panas melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Hal ini tentunya berdampak pada aktivitas harian. Tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya, lebih cepat menguras cairan tubuh sehingga mudah lemas. 

Namun, kita tidak perlu khawatir dengan cuaca panas yang terjadi beberapa hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa fenomena ini adalah cuaca panas biasa, bukan diakibatkan oleh fenomena Gelombang Panas.

"Cuaca yang terasa terik di siang hari dan gerah di malam hari beberapa hari ini merupakan kombinasi dari pengaruh perubahan suhu, kelembaban dan angin. Saat ini wilayah Indonesia sedang dalam periode transisi musim, dari musim hujan ke musim kemarau" Dilansir dari unggahan video akun Instagram resmi BMKG (14/5/2022).

Cuaca panas dapat memberikan beberapa dampak bagi kesehatan, seperti dehidrasi, kelelahan, hingga yang paling parah adalah heat stroke. Heat stroke adalah kondisi dimana suhu tubuh meningkat tajam secara tiba-tiba, sehingga tubuh kaget karena tidak sempat mendinginkan diri. 

Untuk menghindari hal-hal tersebut, kita perlu menjaga tubuh tetap sejuk. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghadapi cuaca panas.

1. Minum Air Putih
Tubuh kita 90% terdiri atas cairan, sehingga kita perlu terus mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air putih.

Ketika suhu cuaca meningkat, cairan tubuh akan dengan mudah terserap. Tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat yang berpotensi menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral