Ilustrasi: Sepakat negosiasi gaji.
Sumber :
  • Pixabay

6 Tips Negosiasi Gaji yang Tepat Saat Interview Kerja

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:03 WIB

Dalam proses interview kerja, negosiasi gaji bukanlah bahasan sensitif untuk didiskusikan. Namun terkadang bagi beberapa orang masih sungkan untuk membicarakannya ketika sudah berhadapan dengan bagian Human Resource.

Terlebih bagi mereka yang baru saja lulus/fresh graduate, seringkali merasa bingung ketika harus mendiskusikannya. Negosiasi gaji ibarat pisau bermata dua, menjadi menguntungkan ketika berhasil. Namun jika salah, bisa-bisa kamu gagal mendapatkan pekerjaan.

Ada beberapa hal penting yang wajib kamu siapkan dulu sebelum negosiasi gaji, berikut beberapa tipsnya.

1. Jangan sungkan
Tidak ada salahnya untuk menegosiasikan gaji ketika sedang interview kerja. Kamu nggak perlu takut atau sungkan. Pada dasarnya, masalah gaji memang lebih baik dibicarakan dua arah.

Hal tersebut bertujuan agar kamu dan pihak perusahaan merasa nggak dirugikan. Kamu bisa memberitahu HR berapa ekspektasi gajimu.

Ketika kamu ditanya HR masalah gaji, pastikan juga kamu memberikan jawaban yang tegas dan lugas, sehingga mereka percaya bahwa kamu dapat bertanggung jawab tugas kerja yang akan diberikan nantinya.

2. Cari tahu standar gaji posisi yang kamu lamar
Sebelum melakukan wawancara dan menegosiasikan gaji dengan HR, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu standar gaji untuk pekerjaan pada posisi yang tengah kamu lamar. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:11
09:23
01:36
04:20
04:02
05:04
Viral