Ilustrasi: Ibu memeluk anak.
Sumber :
  • Pixabay

5 Manfaat Memeluk Anak Bagi Kesehatan Mentalnya

Kamis, 26 Mei 2022 - 22:39 WIB

Sebagian orang mungkin menganggap jika anak yang sering minta peluk cenderung menjadi anak yang manja dan selalu bergantung pada orang tuanya. Padahal tidak ada kaitannya sikap manja anak dengan orang tua yang hanya memeluknya.

Sebagai orang tua, sering memeluk merupakan ekspresi kehangatan dan juga ungkapan kasih sayang. Selain itu, meski hanya sebentar, memberikan pelukan untuk si kecil setiap hari ternyata banyak manfaatnya. 

Meski dianggap hal yang sepele, berikut manfaat memeluk anak setiap hari

1. Mengurangi rasa takut dan kecemasan pada anak
Pelukan orang tua ternyata mampu menguatkan anak. Meski itu hanya sebentar, memeluk terbukti mampu mengurangi rasa cemas pada anak.

Sebagai orang tua, anda harus peka terhadap mereka, harus tahu jika anak yang meminta peluk tiba-tiba karena ia merasa cemas dan takut. Ketika sedang memeluknya, jangan buru-buru dilepas sebelum si kecil tenang dan ingin melepasnya.

2. Meningkatkan rasa percaya diri anak dan orang tua
Orang tua yang sering meluangkan waktu untuk memeluk anaknya setiap hari, akan membentuk rasa percaya dirinya, tak terlepas juga bagi orang tua itu sendiri. Dengan memeluk, anak merasa diberi kasih sayang, sehingga membuatnya semakin percaya diri.

Jangan dianggap remeh, rasa percaya diri inilah yang membantu si kecil untuk mampu menjalani hari-hari dengan lebih baik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral