Elly Kasim (kiri) bersama Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla..
Sumber :
  • tim tvOne/instagram@ellykasim.ek

Elly Kasim Sang "Kutilang Minang" Telah Berpulang

Rabu, 25 Agustus 2021 - 11:08 WIB

Jakarta - Elly Kasim sang “Kutilang Minang dengan Seribu Lagu" telah berpulang. Elly Kasim menghembuskan nafas terakhir di RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan, akibat peradangan usus, pada usia 76 tahun. Sang "Kutilang Minang" adalah penyanyi asal ranah Minang yang lahir 27 September 1944. 

Seorang peneliti dan Dosen di Universitas Leiden, Suryadi, pernah menuliskan julukan kutilang minang bagi Elly Kasim. Suryadi menulis sebuah artikel di blog pribadinya mengenai generasi pertama artis pop Minang yang menonjol.

“Jika Elly Kasim sebagai ‘Kutilang Minang’, maka Nurseha, boleh dianggap sebagai ‘Perkutut Minang’. Keduanya melegenda sebagai generasi pertama artis pop Minang yang menonjol,” tulis Suryadi di dalam blog pribadinya.

Lahir dari orang tua yang bukan seniman, Elly Kasim mengaku dikenalkan dengan musik oleh pamannya yang bernama Yanuar. 

"Dahulu paman bunda suka main harmonium, sekarang keyboard, namanya Om Yanuar," kata Elly Kasim dalam sebuah sesi wawancara di salah satu media nasional.

Saat berusia 5 tahun, Elly kerap bernyanyi di depan sang paman. Bakat Elly Kasim pada masa itu mulai terasa oleh Yanuar. "Wah ini Elly bagus juga suaranya," ujar Elly Kasim mengenang komentar pamannya pada masa silam. 

Berawal dari sana, pelantun Tinggalah Kampuang itu semakin suka bernyanyi. Saat pindah ke Pekanbaru, Elly Kasim bahkan mulai berani ikut lomba. Dia beberapa kali berhasil menjadi pemenang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral