Indahnya Pemandangan di Puncak Tebing Gunung Hawu, Bandung Barat, Jawa Barat.
Sumber :
  • Endra Kusumah

Gak Usah Jauh-Jauh, Puncak Tebing Gunung Hawu Mirip Natural Bridge di Virginia

Kamis, 26 Agustus 2021 - 10:09 WIB

Bandung Barat, Jawa Barat – Ingin menikmati indahnya pemandangan bak Natural Bridge National Park di Virginia, Amerika Serikat? Enggak usah jauh-jauh ke sana, Anda bisa merasakan sensasi serupa di Puncak Tebing Gunung Hawu, di Kampung Cidadap, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Tempat wisata yang dikenal sebagai ajang pemacu adrenalin ini, tidak hanya menyuguhkan sensasi wisata anti-mainstream di tebing, tetapi juga menawarkan sejumlah spot cantik untuk memanjakan mata.

Begitu tiba di puncak tebing, Anda akan ditawarkan pemandangan hijau persawahan milik masyarakat sekitar serta perbukitan kapur yang indah. Tempat ini juga memiliki spot unik, yakni lubang besar di tengah tebing mirip Natural Bridge,

Ketua Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) Karst Hawu, Hasan Husaeri mengatakan nge-tren-nya Gunung Hawu dimulai sekitar tahun 2014. Itu pun bukan dari sisi panjat tebing, tetapi lebih populer untuk hammock (ayunan) yang dipasang antartebing.

“Dari situlah, kemudian banyak yang bikin buat spot iklan maupun film,karena panjat tebing peminat masyarakatnya terbatas,sementara hammock bisa semua kalangan,” ujar Hasan Huseuri.

Dia menambahkan, secara geologi maupun morfologi bentukan Gunung Hawu, sangat jarang ditemukan belahan dunia manapun. Selain perbukitan dibentuk dari batuan karst, di antara tebing curam terdapat lubang gua menganga baik dari depan maupun atas. Tidak ubahnya seperti hawu dalam bahasa Sunda yang berarti tempat untuk memasak secara tradisional (tungku).

Keunikan dari kontur bebatuan karst inilah membuat Gunung Hawu berbeda dengan tebing-tebing lainnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral