Cara Memandikan Kucing agar Bulunya Tak Mudah Rontok.
Sumber :
  • Rasman Abdul Rahman

Cara Memandikan Kucing di Rumah agar Bulunya Tidak Mudah Rontok

Kamis, 26 Agustus 2021 - 12:38 WIB

Polewali Mandar, Sulawesi Barat – Kucing adalah hewan peliharaan yang hampir semua orang menyukainya. Namun, tak banyak yang mengetahui cara merawat atau memandikan kucing peliharaan, terutama kucing jenis Persia yang bulunya cukup panjang dan lebat, agar bulunya sehat dan tidak mudah rontok. 

Komunitas Cat Lovers Sulawesi Barat membagikan tips bagaimana cara memandikan anabul agar bulunya tetap cantik.

Pertama-tama sebelum kucing dimandikan atau digrooming, pastikan kucing dalam kondisi sehat. Memandikan kucing yang tidak fit malah akan memicu stress berlebih sehingga dapat berakibat kucing jatuh sakit.

Kemudian pemilik kucing sebaiknya terlebih dahulu memotong kuku hewan kesayangannya agar jika kucing ketakutan dan berontak tidak melukai orang yang memandikannya.

Tahapan selanjutnya adalah membersihkan telinga kucing dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau ear cleaner hingga ke bagian dalam.

Secara naluriah kucing akan takut saat terkena air. Untuk menyiasati hal tersebut, para pemilik kucing bisa menggunakan air hangat. Hal ini akan mengurangi rasa takut kucing dan membuatnya lebih nyaman saat dimandikan.

Supaya mendapatkan hasil yang lebih bersih, pemilik kucing dapat terlebih dahulu mengaplikasikan degreeser yang fungsinya untuk mengangkat minyak berlebih pada kulit dan bulu kucing. Setelah didiamkan selama 5-10 menit bilas degreeser menggunakan air hangat yang telah disiapkan, kemudian dilanjutkan dengan penggunaan sampo. Terakhir jangan lupa oleskan contioner khusus untuk kucing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral