Rendang daging sapi..
Sumber :
  • Kemendikbud.

Resep Rendang Daging Sapi Padang, Masakan Terenak di Dunia

Minggu, 10 Juli 2022 - 13:42 WIB

Jakarta - Rendang merupakan berbahan dasar daging sapi yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia. Rendang dikenal dengan cita rasanya yang khas karena menggunakan aneka rempah-rempah dan santan.

Menghasilkan rendnag yang enak perlu proses lama dimasak hingga waktu berjam-jam. Pemasak harus memastikan daging tidak hancur dan santan tidak pecah.

Pada 2011, masakan ini mendapatkan pengarhaan dengan menduduki peringkat pertama World's 50 Most Delicious Foods, menunjukan bahwa rendang memang bukan masakan sembarangan.

Dikutip dari buku Tata Boga: Aneka Resep Masakan Tradisional Khas Sumatera berikut langkah-langkah membuat rendang.

Bahan Utama Rendang:

1 kilogram daging sapi

3 liter santan yang diambil dari 3 butir kelapa

Bumbu Rendang yang Dihaluskan

5 butir kemiri

6 siung bawang putih

100 gram cabai merah besar

100 gram cabai merah keriting

2 cm jahe, dibakar

2 cm lengkuas

3 cm kunyit, dibakar

1/2 sendok teh ketumbar

1/2 sendok teh pala

1 sendok teh jintan, disangrai

2 sendok teh garam

Penyedap rasa sesuai selera

Bumbu Tambahan Rendang (jangan dihaluskan)

2 batang serai, dimemarkan

4 lembar daun jeruk purut

2 cm asam gelugur/asam kandis

2 lembar daun kunyit

Cara Memasak Rendnag:

-Daging sapi yang sudah dibersihkan dipotong-potong dadu. Usahakan tidak memotong daging terlalu kecil karena bisa hancur saat dimasak.

-Siapkan wajan besar lalu masukkan santan bersama serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit. Aduk hingga mendidih. Perlu diingat karena santan bisa pecah, Anda harus terus mengaduknya hingga mendidih.

-Ketika santan sudah mendidih, perlahan-lahan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sambil tetap diaduk selama kurang lebih setengah jam.

-Saat permukaan santan sudah tampak berminyak, masukkan potongan daging yang sudah dibersihkan. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga santan mengental dna bumbu meresap.

-Kunci penting dalam memasak rendang adalah bagaimana mengaduknya. Sebelum daging dimasukkan, Anda harus menjaga santan agar tidak pecah.

-Setelah daging masuk, Anda harus menjaga agar bagian dasar wajan tidak gosong, namun di sisi lain Anda juga tidak boleh mengaduk terlalu sering karena daging bisa hancur dan rendang akan gagal. (rem)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral