Perubahan Iklim Ancam Kepunahan Komodo.
Sumber :
  • Unsplash.com/David Clode

Perubahan Iklim Ancam Kepunahan Komodo

Senin, 6 September 2021 - 14:45 WIB

Jakarta - Para peneliti mengingatkan ancaman yang akan dihadapi kadal terbesar di dunia, komodo, sebagai imbas dari perubahan iklim. 

Komodo kini masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Status komodo berstatus menjadi hewan terancam punah dari sebelumnya berstatus hewan rentan punah.

Dikutip dari Phys.org, Senin (6/9) studi yang dipimpin Universitas Adelaide dan Universitas Deakin serta bekerja sama dengan Taman Nasional Komodo dan Biro Pusat Konservasi Sumber Daya Alam Sunda Kecil menemukan fakta dampak kenaikan air laut karena pemanasan global mengancam kehidupan komodo.

Komodo yang hidup di tepi hutan atau di sabana terbuka jarang berkeliaran di wilayah dengan ketinggian 700 mdpl, sehingga naiknya permukaan air akan mempengaruhi 30 persen habitatnya dalam 30 tahun.

“Perubahan iklim kemungkinan besar akan menyebabkan berkurangnya habitat komodo sehingga akan mengurangi populasi mereka hanya dalam hitungan dekade,” tutur Alice Jones, peneliti dari Universitas Adelaide.

Selain tidak dapat berpindah ke tempat tinggi, habitat komodo juga akan terfragmentasi oleh aktivitas manusia dan membuat populasinya secara genetik kurang sehat dan lebih rentan.

Rentang habitat komodo di pulau Flores diperkirakan telah menyusut lebih dari 40 persen antara tahun 1970 hingga tahun 2000.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral