Galang Dana Secara Ilegal, Weibo Bekukan Akun Penggemar BTS.
Sumber :
  • Dispatch

Galang Dana Secara Ilegal, Weibo Bekukan Akun Penggemar BTS

Selasa, 7 September 2021 - 12:21 WIB

Jakarta - Platform media sosial Tiongkok, Weibo, melakukan pembatasan kepada akun penggemar boyband Korea Selatan, Bangtan Boys atau BTS.

Akun penggemar ini dilarang untuk memposting selama 60 hari karena diketahui telah menggalang dana secara ilegal. Akun tersebut memiliki sekitar 1,1 juta pengikut dan mendedikasikan akunnya untuk anggota BTS Jimin.

Pembatasan akun tersebut dilakukan beberapa hari setelah akun itu mengunggah foto-foto pesawat bergambar Jimin, salah seorang member BTS. Pesawat tersebut merupakan salah satu rencana penggemar dalam merayakan ulang tahun Jimin ke-26 pada Oktober mendatang.

“Weibo secara tegas menentang perilaku mengidolakan bintang secara tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius,” kata Weibo dalam sebuah pernyataan pada Minggu (5/9) dikutip dari Associated Press.

Laporan Global Times menyebutkan bahwa lebih dari 1 juta yuan atau Rp2,2 miliar berhasil dikumpulkan dalam 3 menit pertama pada bulan April, dan meningkat menjadi 2,3 yuan atau sekitar Rp5 miliar pada satu jam pertama.

Pembatasan yang dilakukan kepada akun penggemar BTS tersebut merupakan salah satu kampanye pemerintah Tiongkok untuk membersihkan industri hiburan dari perilaku irasional yang ditunjukkan oleh penggemar.

Presiden Tiongkok Xi Jinping telah menyerukan “peremajaan nasional” dengan kontrol yang lebih ketat terhadap bisnis, pendidikan, budaya, dan agama, termasuk mengurangi akses anak-anak bermain game online.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral