Agar Tak Cedera, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Olahraga.
Sumber :
  • Internet

Agar Tak Cedera, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Olahraga

Jumat, 10 September 2021 - 14:38 WIB

Jakarta - Apakah Anda berencana berolahraga hari ini? Jika iya, ada baiknya Anda mempersiapkan segala kebutuhan sebelum olahraga dan mengecek apa yang telah Anda lakukan beberapa waktu lalu. Karena, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan, saat Anda akan berolahraga. Dilansir dari situs Rediff, berikut beberapa hal yang sebaiknya dihindari:

1. Minum minuman beralkohol
Minuman beralkohol sebelum olahraga akan membuat Anda mengalami kelelahan, dehidrasi bahkan dapat mempersempit pembuluh darah Anda. Selain itu, minuman beralkohol juga akan melemahkan sistem motorik tubuh Anda. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi alkohol sebelum berolahraga.

2. Makan dengan porsi yang banyak
Makan dengan porsi yang banyak adalah pantangan utama sebelum berolahraga. Karena hal tersebut dapat menyebabkan Anda terkena heartburn atau reflux. 

Selain itu berolahraga saat tubuh masih mencerna makanan, juga dapat meningkatkan risiko terkena kram otot. Sangat disarankan bagi Anda mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti buah, jika Anda merasa lapar sebelum berolahraga.

3. Aktivitas seksual
Melakukan aktivitas seksual sebelum olahraga akan membuat Anda kehilangan intensitas saat berolahraga. Karena aktivitas seksual akan menghabiskan banyak energi. Jadi, jika Anda berencana untuk melakukan olahraga secara serius, sebaiknya tunda dulu aktivitas seksual dengan pasangan.

4. Minum terlalu banyak air
Minum terlalu banyak sebelum berolahraga akan memberikan efek buruk bagi tubuh. Hyponatremia adalah kondisi yang bisa terjadi ketika Anda terlalu banyak minum sebelum berolahraga. 

Hyponatremia akan membuat darah Anda menjadi lebih encer, kadar sodium ion dalam darah menurun drastis. Hal tersebut dapat menyebabkan otot melemah, kram, bahkan kejang dan koma.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral