Kaulinan budak buhun di dusun Ciaren, Banjar, Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOne

Seru! Tua Muda Isi Hari Tanpa Gadget Dengan Permainan Tradisional

Minggu, 12 September 2021 - 09:51 WIB

Banjar, Jawa Barat - Pemandangan langka tampak di dusun Ciaren, desa Balokang, Banjar, Jawa Barat. Anak-anak, orang tua dan pemuda terlihat riuh di lapangan Gilang Sundari. Alunan musik tradisional iringi mereka bermain beragam permainan warisan nenek moyang yakni kaulinan budak buhun.

Tokoh masyarakat setempat sengaja menggelar permainan tradisional ini untuk mengisi hari tanpa gawai atau perangkat elektronik seperti ponsel. Seluruh permainan ini dilakukan tanpa alat pendukung dan hanya mengandalkan anggota tubuh.

Beragam permainan budak buhun diikuti dengan ceria oleh anak-anak, orang tua, dan pemuda diantaranya perepet jengkol, paciwit lutung, oray-orayan dan sepdur.

Permainan dilakukan secara individu dan berkelompok. Bagi anak-anak kini, permainan tersebut bisa dibilang baru dilakukan, namun tidak bagi orang tua yang bernostalgia dengan masa lalu melalui kaulinan budak buhun.

“Semua permainan tradisional ini digelar tanpa kuota dan pulsa namun terbukti menyenangkan,” tutur penyelenggara, Ervan Rustandi kepada tvonenews.com

Bagi warga yang ingin mengikuti kaulinan budak buhun ini, dilarang membawa perangkat elektronik seperti ponsel. Lantaran sudah banyak yang lupa cara memainkannya, semua permainan ini dipandu oleh budayawan dan seniman setempat.

Konon pada setiap permainan terdapat makna kehidupan yang bisa diresapi dan diterapkan sehari-hari. Seperti permainan paciwit lutung yang memiliki falsafah saling menjaga dan tidak saling melukai sesama manusia. Sementara permainan perepet jengkol memiliki falsafah saling membantu dan kompak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
02:46
02:43
01:38
03:09
10:13
Viral