Ilustrasi penyakit paru.
Sumber :
  • Freepik

Jadi Komorbid Covid, Ketahui Cara Mencegah Penyakit TBC

Senin, 13 September 2021 - 11:50 WIB

Jakarta - Tuberkulosis atau yang lebih populer disebut TBC atau TB merupakan penyakit yang menyerang paru-paru. Di masa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan paru-paru menjadi sangat utama. Apalagi TBC ini termasuk ke dalam daftar komorbid Covid-19.

Lalu bagaimana cara mencegah penyakit TBC ini? Berikut beberapa tips mencegah terjangkitnya bakteri TBC.

1. Segera kunjungi dokter dan lakukan diagnosa
Jika seseorang merasa memiliki gejala TB seperti batuk terus menerus paling tidak selama tiga pekan, batuk berdahak atau berdarah, kehilangan nafsu makan dan berat badan, serta sering merasa lelah, ada baiknya untuk mengunjungi dokter terdekat.

Dokter umum dapat mengenali gejala ini dan mampu melakukan screening awal. Jika indikasi TB semakin kuat, dokter umum biasanya akan merujuk kepada dokter paru. Pasien juga diminta menjalani beberapa tes untuk memastikan apakah benar si pasien terinfeksi bakteri TBC.

2. Jaga jarak dengan orang lain
Bakteri TB dapat menyebar dengan cukup mudah. Walaupun pengobatan untuk penyakit ini sudah tersedia bahkan dapat diperoleh secara gratis dengan BPJS Kesehatan, ada baiknya seseorang untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Perilaku menjaga jarak ini harus dilakukan baik untuk orang yang diduga terinfeksi TB aktif maupun orang-orang sehat yang berada di sekitar orang-orang yang positif terjangkit TB aktif.

3. Patuhi protokol kesehatan
Walau harus menjaga jarak fisik, bukan berarti kamu juga harus menjaga jarak sosial. Penderita TB tidak boleh harus dijauhi dan diacuhkan. Memiliki TB bukanlah aib dan penyakit ini dapat hilang dengan pengobatan.

Tidak hanya Covid-19, TBC maupun penyakit lainnya yang dapat menyebar melalui udara dan droplet harus dicegah penyebarannya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

Berada di ruangan yang memiliki ventilasi dan sistem udara yang baik juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit paru ini. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral