Kerupuk Gurilem, Buatan Kampung Rasa Kota.
Sumber :
  • tvOne

Kerupuk Gurilem, Buatan Kampung Rasa Kota

Senin, 13 September 2021 - 16:12 WIB

Bandung - Bandung Barat tidak hanya dikenal dengan setra makanan wajid saja. Namun, ada satu cemilah yang sudah khas yakni kerupuk gurilem. Gurilem dalam bahasa Sunda berarti gurih dan pelem (gurih dan renyah, red).

Kerupuk ini berbentuk panjang seperti mie dan diolah dengan berbagai bumbu seperti garam, cabai kering, bawang dan kacang. "Kerupuk berbahan tepung tapioka ini banyak disukai oleh kalangan anak-anak dan dewasa,” ujar Derwin, pengusaha kerupuk gurilem saat dihubungi Senin (13/09).

Bahkan, karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat camilan satu ini cocok menjadi menu tambahan makanan berkuah. Derwin mengaku, sebelum pandemi produksi kerupuk gurilem, untuk satu hari rata-rata dua kuintal. Tapi, semenjak banyaknya toko oleh-oleh yang tutup membuat produksi kerupuknya hanya satu kuintal per harinya.

“Itulah tantangan terberatnya, ya tadi pertama munculnya Covid-19, semua tempat ditutup seperti toko oleh-oleh. Apalagi jualan kerupuk itu yang pertama diisi toko oleh-oleh di Bandung dan rest area terus baru ke pasar tradisional,” kata Darwin.

Bahkan akibat terhenti sekitar satu bulan ini sejumlah karyawannya pun terpaksa diliburkan dulu. Dan untuk menutup modal Derwin memanfaatkkan stok barang yang ada untuk dijual ke pasar tradisional.

"Sebelum ditutup saya sedikit stok barang (dijual) dan untuk menutupi modal itu. Biar toko oleh-oleh tutup tapi pasar masih lah sedikit, nah yang stok itu sayah habiskan,” ujarnya.

Dari penjualan di pasar tradisional Derwin mulai mengajak rekan-rekanya untuk menyiasati dengan sistem online. Hasilnya pun cukup menjanjikan hingga permintaannya meningkat pesat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
03:09
01:56
01:27
00:49
01:46
Viral