SpaceX Meluncur ke Angkasa Dengan 4 Astronot "Turis" Pertama.
Sumber :
  • YouTube SpaceX

SpaceX Meluncur ke Angkasa Dengan 4 Astronot "Turis" Pertama

Kamis, 16 September 2021 - 17:58 WIB

Jakarta - Roket Falcon 9 SpaceX resmi meluncur ke orbit dengan seluruh awak sipil untuk pertama kalinya. Falcon 9 meluncur dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida pada Rabu (15/9) malam waktu setempat.

Kapsul Dragon yang dibawa oleh Falcon 9 milik SpaceX tersebut membawa dua pemenang kontes, seorang tenaga kesehatan, dan seorang miliarder yang menjadi sponsor amal acara tersebut.

Dikutip dari AP News, misi dengan judul Inspiration4 tersebut menandai era SpaceX milik Elon Musk ke dalam persaingan wisata luar angkasa.

Sementara itu, Jared Isaacman, miliarder yang memimpin penerbangan tersebut menjadi miliarder ketiga yang menyambangi luar angkasa mengikuti jejak Sir Richard Branson dan juga Jeff Bezos.

Selain Isaacman, kru Inspiration4 ini juga terdiri dari Hayley Arcneaux, seorang penyintas kanker yang juga bekerja sebagai asisten dokter di Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude. Ada juga Sian Proctor, seorang ahli geologi dan komunikator sains yang berhasil mencapai babak final seleksi astronot NASA 2009. Terakhir ada Chris Sembroski, seorang veteran Angkatan Udara AS.

Kapsul yang membawa 4 awak tersebut akan menghabiskan waktu tiga hari untuk memutari Bumi di ketinggian orbit 100 mil atau 160 kilometer, lebih tinggi dari posisi Stasiun Luar Angkasa Internasional. Setelah itu, mereka akan meluncur dan mendarat di lepas pantai Florida, Amerika Serikat pada akhir pekan ini.

Tidak hanya sekedar “bertamasya” namun Inspiration4 juga merupakan bagian dari penggalangan dana untuk memberikan harapan kepada semua anak dengan kanker dan penyakit yang mengancam jiwa lainnya.(awy/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral