ilustrasi - poster film Notebook.
Sumber :
  • tim tvOne

Ulasan Film: 'Notebook'

Minggu, 19 September 2021 - 09:46 WIB

Jakarta - Bulan agustus kemarin, Disney+ Hotstar menghadirkan film baru Indonesia berjudul 'Notebook' pada 27 Agustus 2021 silam. Dibintangi oleh Amanda Rawles dan Dimas Anggara, film yang disutradarai oleh Karsono Hadi ini mengusung genre drama romantis yang ditulis oleh Tisa TS dengan produsernya, Sukhdev Singh.

Film 'Notebook' bercerita tentang seorang guru bernama Rintik (Amanda Rawles) yang memutuskan untuk mengabdi di sebuah sekolah yang terletak di Sumba. Perjalanan itu juga diikuti motif lain untuk menghindari perjodohan yang dihadapinya di Jakarta. Namun tak disangka, di Sumba, Rintik justru bertemu dengan seorang pemuda bernama Arsa (Dimas Anggara).

Di antara lika-liku beradaptasi dengan lingkungan baru, bahkan sempat ragu menjadi guru yang baik karena keyakinannya sebagai muslim yang minoritas di sana, masalah perasaan 

antara Rintik dan Arsa juga dibahas dalam film ini. Temukan kumpulan film seru di layarkaca21.

Film ini menceritkan tentang sudut pandang dari Rintik tentang kepindahannya ke sumba, bagaimana perasaannya selama di sana, dan tantangan apa yang dihadapinya sebagai seorang guru. Semua itu ditulis oleh Rintik dalam diary dan disuarakan dalam beberapa adegan yang menampilkan tulisannya.

Secara keseluruhan, ada banyak lubang di jalan cerita film 'Notebook'. Narasi yang diawali dengan isu sensitif gesekan dua agama yang berbeda ternyata hanya sebatas rumor antara guru dan ibunda Arsa.

Dalam praktiknya, film tersebut justru mengarah pada konflik yang dihadapi Rintik selama ketika jadi seorang guru di Sumba yang di hadapkan pada wali murid yang tidak menizinkan anaknya untuk bersekolah. Keengganan ini tidak ada kaitannya dengan isu yang diusung di awal tentang agama yang dianut Rintik sebagai guru.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral