Tips menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Antara

8 Tips Menurunkan Berat Badan yang Menyehatkan Tubuh Namun Signifikan Hasilnya, Lebih Baik Lakukan Sarapan di Pagi Hari?

Selasa, 11 Oktober 2022 - 15:35 WIB

Obesitas menjadi gerbang awal dari berbagai macam penyakit. Karena itu, banyak orang yang mulai sadar untuk menjaga berat badan agar lebih ideal. Ada banyak tips menurunkan berat badan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sayangnya, tidak semua tips tersebut cocok dan sehat untuk tubuh. Beberapa jenis diet justru membahayakan dan mengakibatkan kemunculan permasalahan lain. Merujuk dari hal tersebut, ada beberapa tips menurunkan berat badan yang bisa dilakukan.

Berikut ini 8 tips menurunkan berat badan yang ideal tanpa membahayakan kesehatan:

1. Minum air sebelum makan
Dilansir dari Alodokter.com minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena konsumsi air putih sebelum makan akan membuat seseorang merasa lebih cepat kenyang. Hal ini berdampak terhadap keinginan untuk melahap makanan dalam jumlah banyak dapat berkurang.

Selain itu, terkadang rasa haus juga kerap muncul dan memberi alarm yang menyerupai rasa lapar. Ketika hal tersebut mulai muncul dibandingkan langsung makan, cobalah untuk mengatasinya terlebih dahulu dengan minum air putih. Dengan menerapkan cara ini, jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan juga bisa berkurang.

2. Konsumsi makanan yang tepat
Tips menurunkan berat badan lainnya adalah konsumsi makanan berprotein dan berserat. Makanan berprotein, seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kedelai, kacang-kacangan atau keju, bisa membantu tubuh membakar lemak dan mengubahnya menjadi sumber energi dalam tubuh.

Selain makanan yang tinggi protein, perbanyak pula konsumsi makanan berserat. Pasalnya, makanan berserat dapat memberikan rasa kenyang jauh lebih lama, namun secara kalori tetap rendah. Contoh makanan kaya serat adalah sayur, buah, makanan dari biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan gandum.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral