Marine Debris Festival kampanyekan laut bebas sampah di Pantai Bahari, Polewali mandar, Sulbar, Minggu (3/10/2021).
Sumber :
  • tim tvOne - Rasman Abdul Rahman

WOW, Ini Cara Sulap Pantai Bahari Polewali Bebas Sampah 

Minggu, 3 Oktober 2021 - 09:40 WIB

Polewali Mandar, Sulawesi Barat - Untuk mengembalikan keindahan Pantai Bahari Polewali yang sebelumnya menjadi ikon dan obyek wisata favorit warga, komunitas laut biru menggelar kampanye pengurangan sampah melalui Marine Debris Festival. Sejumlah komunitas pemerhati lingkungan dilibatkan dalam kegiatan yang dibuka pada Minggu, di anjungan pantai Bahari.
 
"Kegiatan kami lakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai atau jika perlu kita hindari penggunaan plastik sekali pakai," kata panitia penyelenggara festival, Muhammad Putra Ardiansyah.

Dalam Marine Debris Festival panitia juga mengajak pengunjung Pantai Bahari ikut terlibat memungut sampah yang berserakan di sepanjang pantai. Warga juga diedukasi untuk memisahkan sampah plastik dan sampah organik yang dapat didaur ulang. Penyelenggara juga akan menyiapkan tempat sampah disepanjang pantai bahari.

"Pada umumnya kegiatan baksos bersih pantai hanya dilakukan di pesisirnya saja. Namun kali ini kami melakukan pembersihan di dasar laut dengan cara menyelam," tambahnya
 
Selain kegiatan membersihkan sampah di dasar laut. Ada juga beberapa kegiatan lain yg menambah wawasan mengenai sampah plastik, mulai dari dampak lingkungan sampai pada pengelolaannya dalam acara talkshow, workshop, nonton film, games dan Aksi Bersih pilah sampah.

Sampah yang berhasil dikumpulkan akan dipilah. Namun sampah yang tidak bisa bernilai ekonomi akan diangkut ke TPA Amola oleh petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Polewali Mandar. (Rasman Abdul Rahman/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral