Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

Kenali Zat Makanan Tepat untuk Tingkatkan Imun

Sabtu, 24 Desember 2022 - 20:44 WIB

Jakarta - Ketua Indonesian Sport Nutrisionist Association Dr. Rita R,DCN, M.Kes mengajak masyarakat untuk mengenali zat makanan yang tepat guna meningkatkan imunitas dan tubuh yang sehat dalam kondisi cuaca yang tidak menentu.

"Salah satu bahan makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas ialah umbi-umbian dan jagung," kata Rita.

Alasan umbi-umbian seperti ubi dan kentang, lalu jagung, baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas adalah karena selain mengandung karbohidrat juga termasuk memiliki respon glikemik yang rendah.

Artinya bahan makanan tersebut tidak akan membuat hormon insulin meningkat dengan signifikan dan penyerapan glukosa di dalam tubuh menjadi lebih stabil dan tidak berlebih.

Selanjutnya, bahan makanan yang perlu ditingkatkan konsumsinya agar bisa meningkatkan imunitas tubuh ialah makanan yang berserat.

Biasanya makanan berserat terdapat pada sayur seperti wortel, brokoli, asparagus, ataupun buah seperti tomat, pepaya, dan mangga.

Makanan berserat dapat meningkatkan imunitas tubuh karena membantu tumbuhnya mikrobiota atau disebut juga sebagai bakteri baik di saluran pencernaan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral