ilustrasi kehabisan uang.
Sumber :
  • iStockPhoto/Doucefleur

Waspada! Hindari 5 Hal Berikut agar Keuangan Rumah Tangga Tidak Jebol

Senin, 2 Januari 2023 - 05:00 WIB

tvOnenews.com - Memasuki kehidupan berumah tangga, akan ada banyak kebutuhan yang kita perlukan dibandingkan ketika masih sendiri. Maka, sangat penting untuk bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik.

Untuk itu, kita harus bisa memprioritaskan kebutuhan bersama atau kebutuhan keluarga, terlebih lagi ketika sudah memiliki anak.

Menikah dan membuka lembaran baru tentu akan butuh banyak penyesuaian. Salah satunya diantaranya berkaitan dengan hal finansial. Sebelumnya milik pribadi, sekarang menjadi kebutuhan bersama.

Dirangkum dari akun resmi BKKBN, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari agar keuangan rumah tangga tidak jebol.

1. Membeli rumah di luar kemampuan finansial


Freepik/jcomp

Setiap pasangan yang sudah menikah, pasti memiliki keinginan untuk memiliki rumah sendiri. Tak jarang pula beberapa pasangan memutuskan akan menikah ketika sudah memiliki rumah.

Namun, bukan berarti kamu memaksakan diri untuk membeli atau membangun rumah sendiri jika belum sanggup. Kamu bisa menyewa kontrakan terlebih dahulu sambil menabung dana untuk membelinya.

Ketika memutuskan untuk membeli rumah, pastikan untuk menyesuaikan biayanya dengan kemampuan finansial kamu dan pasangan. Tipsnya adalah punya DP paling tidak 30% dan juga biaya cicilannya harus 30% dari penghasilan.

2. Memiliki keinginan untuk mencicil isi rumah


Freepik/kidzcorner

Salah satu masalah yang kerap kali menjadi faktor yang mempengaruhi jebolnya keuangan rumah tangga adalah berkeinginan untuk mencicil isi rumah.

Tidak jarang beberapa pasangan yang masih mengontrak atau belum memiliki rumah, justru terlebih dahulu membeli dan mencicil isi rumah. Padahal hal tersebut justru berpotensi boros.

Meski kamu dan pasangan sudah memiliki bayangan untuk tempat tinggal nantinya, ada baiknya kamu menahan dulu keinginan untuk membeli perabotan maupun pernak-pernik isi rumah. Fokus menyimpan uangnya untuk tabungan membangun/membeli rumah.

3. Gaya hidup berlebihan


Freepik/benzoix

Ingat, ketika sudah menikah kamu tidak lagi menjalani hidup untuk dirimu sendiri, melainkan harus memikirkan kehidupan bersama pasangan. Maka sesuaikan gaya hidupmu dengan bijak, apalagi jika sebelumnya kamu hobi berbelanja.

Suka makan di luar, jalan-jalan, belanja demi mengikuti tren kekinian atau berlangganan ini dan itu sangat mempengaruhi besarnya pengeluaran. Namun bukan berarti kamu tidak boleh melakukan semua hal tersebut.

Boleh dilakukan asalkan hanya sesekali, kamu dan pasangan harus pandai membuat pos-pos pengeluaran dan juga rencana alokasi pengeluaran yang tepat agar tidak berlebihan setiap bulannya.

4. Memberi kepada orang tua


Freepik/koldunova_anna

Menyisihkan sebagian penghasilan untuk orang tua merupakan hal terpuji dan merupakan bentuk bakti kepada orang tua. Namun hal tersebut boleh kamu lakukan ketika kebutuhan rumah tangga kamu dan pasangan sudah tercukupi dengan baik.

Berbakti kepada orang tua memang baik, asal jangan sampai harus mengorbankan diri sendiri. Kamu harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan keuangan keluarga.

Penting makanya untuk mendiskusikan semuanya bersama pasangan dan juga orang tua, jelaskan kondisi finansial kalian. Terlebih sebagai keluarga baru, kamu dan pasangan tentu memiliki pengeluaran sendiri dan masih butuh banyak penyesuaian.

(Mzn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral