Ban Tanpa Udara.
Sumber :
  • Michellin Media

Ban Tanpa Udara dan Anti Bocor Siap Diproduksi, Selamat Tinggal Tukang Tambal Ban

Sabtu, 7 Januari 2023 - 19:55 WIB

Jakarta - Belakangan ini kabarnya sejumlah produsen ban ternama kini tengah mengembangkan teknologi ban terbaru yakni ban tanpa udara. Salah satu produsen ban ternama yang sudah terang-terangan yakni Michelin. 

Perusahaan asal Prancis itu sudah mengumumkan soal ban tanpa udara dan menargetkan nantinya produksi ban Unique Puncture-proof Tire System (Uptis) alias ban tanpa udara mulai 2024.

Michelin sendiri bahkan menggandeng produsen otomotif General Motor untuk bisa menjual produk ini ke publik pada 2025 nanti. Selain Michelin, produsen ban lainnya seperti Bridgestone, saat ini juga tengah mengembangkan produk serupa yakni QuietTrack.

Profil ban ini memiliki struktur unik pada bagian dinding yang berfungsi sebagai penyangga antara bagian tapak ban dengan pelek dengan tekstur yang dilhat bolong-bolong.

Dari struktur tersebut dapat dipahami kerja ban tak akan menggunakan tekanan udara. Adapun teknologi lainnya itu berfungsi sebagai peredam guncangan dan akan membantu suspensi meredam daya kejut ketika menghantam lubang atau jalan yang tak rata.

Michelin mengatakan ban tanpa udara Uptis bakal dijual dalam kisaran harga di US$40 hingga US$65 atau sekitar Rp622 ribu sampai Rp1 juta per ban (kurs Rp15.568). 

Sedangkan, Bridgestone QuietTrack dijual lebih dengan nominal yang lebih mahal, yakni US$133 per ban atau sekitar Rp2 juta. (mg1/ebs)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral