Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara

Marak Kasus Pelecehan Seksual, Pendidikan Seks Sejak Dini Dapat Melindungi Anak

Senin, 9 Januari 2023 - 16:23 WIB

Jakarta - Maraknya kasus pelecehan seksual yang terjadi belakangan ini, membuat pendidikan seks sejak dini sangat diperlukan. 

Mantan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengatakan bahwa memberikan pendidikan seks sejak dini dapat melindungi anak dari kejahatan seksual. 

“Pendidikan seks bukan hal yang tabu, tapi perlu dilakukan demi melindungi anak-anak dari kejahatan seksual,” ucap Retno, Senin (9/1/2023).

Lebih lanjut, terkadang anak tidak paham jika dirinya sedang dilecehkan atau dicabuli oleh orang lain. Oleh sebab itu, pendidikan seks sejak dini diperlukan.

Kemudian, pendidikan seks ini juga bisa dilakukan oleh orang tua, dengan cara menyebutkan alat kelamin kali-laki dan perempuan dengan nama yang benar.
 
“Ketika memandikan anak, (pendidikan seks) itu bisa dilakukan, sambil bilang bagian mana di tubuhnya hanya dia yang boleh pegang dan lihat,” kata Retno.
Selain itu, edukasi anak jika ada orang lain yang ingin memegang bagian-bagian tubuh yang tidak boleh dipegang atau dilihat. Lalu, laporkan kepada orang tua jika ada yang melakukan perbuatan tersebut.

Menurut Retno, orang tua juga harus mengedukasi perbedaan antara sentuhan sayang dan sentuhan nakal.

“Sentuhan sayang itu ketika ibu memeluk. Kalau sentuhan nakal, ketika memeluk sambil meraba dada atau dubur,” ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
Viral