Bonsai Berharga Rp 50 Juta Ikuti Kontes Bonsai di Gresik.
Sumber :
  • tvone - m habib

Wow, Bonsai Berharga Rp 50 Juta Ikuti Kontes Bonsai di Gresik

Jumat, 8 Oktober 2021 - 14:06 WIB

Gresik, Jawa Timur- Kontes Bonsai terbesar di Kabupaten Gresik kembali digelar. Kontes yang dipusatkan di Desa Petung Kecamatan Panceng itu, diikuti ratusan aneka tanaman bonsai berbagai jenis, mulai dari harga jutaan, hingga yang berharga Rp 50 juta.

Ketua Penyelenggara Muhammad Mas'ud mengungkapkan, kontes yang digelar mulai tanggal 7- 10 Oktober 2021 itu, untuk meningkatkan harga jual bonsai, karena jika bonsai menjuarai kontes, maka harganya bisa naik berkali lipat.

"Biasanya nilai jualnya sampai Rp 50 Juta kalau menang. Sebenarnya bukan hadiahnya, tapi kalau semakin banyak memenangkan kontes, maka harga jual dipasaran akan sangat tinggi," sambungnya.

Mas'ud yang juga Kepala Desa Petung ini menyatakan, karena harga jualnya fantastis, warga didesanya banyak yang terjun ke dunia bonsai. Awalnya memang hobi, namun karena ketekunan kini jadi sumber penghasilan.

"Jadi desa Petung bisa dijuluki kampung bonsai. Semua ada, mulai pendongkel (pencari bonsai di hutan) maupun pembudidaya semua ada. Bonsainya juga bermacam-macam," terangnya.

Dalam kegiatan tahunan kali ini, kontes bonsai diikuti 414 bonsai dengan berbagai jenis. Kolektor hingga pembudidaya bonsai ikut serta. Mereka beradu kreativitas dan keindahan seni mengkerdilkan pohon.

Tidak hanya pebonsai dari Gresik saja, peserta kontes juga datang dari luar daerah seperti Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Banyuwangi, Mojokerto dan Tuban. (M. Habib/rey)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral