Mbah Saiman (71), warga Hargosari, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Luar Biasa! Semangat Mbah Saiman, Mengayuh Sepeda 24 Km Untuk Ikut Vaksinasi

Selasa, 12 Oktober 2021 - 08:58 WIB

Gunungkidul,DIY- Semangat mbah Saiman (71), warga Kalurahan Hargosari, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta ini patut diapresiasi. Bagaimana tidak, demi bisa mendapatkan vaksinasi di Makodim 0730 Gunungkidul, dia rela mengayuh sepeda ontel tua miliknya sejauh 24 kilometer pulang-pergi.

 
Meski beraspal, namun jalan perbukitan yang naik turun dengan banyak kelokan dari desa asalnya di wilayah selatan Gunungkidul, tak menyurutkan semangat kakek renta ini dalam mengayuh sepedanya.

Ditemui Selasa (12/10/2021), saat istirahat dalam perjalanan pulang dari vaksinasi, di sebuah warung di kawasan wisata Ngingrong,  Kalurahan Mulo, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul.

"Saya sudah vaksin yang kedua, tempatnya sama di kantor Kodim, vaksinnya Sinovac," terang kakek 5 cucu sambil asik menikmati nasi tiwul dengan lauk tempe dan sayur lombok ijo.

Untuk mengikuti vaksinasi ini Mbah Saiman mengaku berangkat dari rumahnya pukul 05.30 WIB. Ia sampai di kota Wonosari sekitar 1,5 jam kemudian.

Disinggung soal kegemarannya bersepeda kemana mana, mbah Saiman mengatakan bahwa dia sudah biasa bersepeda jarak jauh, seminggu sekali ia mencari barang bekas di Yogyakarta untuk dijual kembali, dan pada akhir pekan, dengan mengayuh sepedanya, ia  pulang ke rumahnya di Gunungkidul.

Kakek ini kemudian melanjutkan ceritanya,  kemana-mana naik sepeda onthel karena pernah mengalami trauma menggunakan sepeda motor sekalipun hanya sekedar  membonceng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral