Ilustrasi buah semangka.
Sumber :
  • (ANTARA/freepik.com)

Konsumsi Buah Ini Saat Sahur Dijamin Segar Seharian Saat Berpuasa

Rabu, 12 April 2023 - 09:47 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Buah yang banyak mengandung air sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat berpuasa. Buah yang memiliki kadar air tinggi antara lain adalah melon, pepaya, semangka, pir dan apel. Selain mengandung air, buah-buah tersebut juga mengandung vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. 

“Tentu sangat banyak manfaatnya kalau mengonsumsi buah saat puasa. Karena pada dasarnya, konsumsi air kita tetap harus sama, (yaitu) delapan gelas," kata Ahli gizi dan dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Nazhif Gifari, S. Gz, M.Si

Cairan yang terkandung dalam buah tersebut diantaranya mengandung mineral berupa kalium, kalsium dan magnesium yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ketika berpuasa.

"Jadi, buah penting juga dikonsumsi saat sahur atau berbuka,” kata Nazhif.

Menurut Nazhif, alangkah baiknya saat sahur buah yang banyak mengandung air tersebut konsumsi mendekati waktu imsak, agar seseorang tidak cepat merasa haus ketika seharian berpuasa.

Begitu pun saat berbuka, Nazhif menganjurkan untuk mengonsumsi buah terlebih dahulu untuk menetralisir asam lambung dan menggantikan kebutuhan gula alami pada tubuh. Kurma menjadi salah satu buha yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa, karena kandungan gula alami kurma bermanfaat bagi tubuh setelah berpuasa.

Meski kandungan buah sangat baik untuk tubuh kita, namun sebaiknya saat berpuasa hindari buah yang mengandung gas seperti buah durian dan nangka.

"Kalau di es buah mungkin sudah dipotong kecil-kecil. Tapi, kalau kita makan banyak, itu juga bersifat gas. Kemudian mangga muda yang masih asam. Takutnya nggak nyaman di perut,” kata Nazhif. (ant/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral