Ilustrasi makanan enak..
Sumber :
  • Istock Photo

Simak Daftar 11 Makanan Enak Penyebab Kolesterol Tinggi, Nomor 6 paling Tinggi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 08:17 WIB

tvOnenews.com - Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi untuk menyebabkan masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke.  

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dan dibutuhkan membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Namun, perlu diwaspadai, jika kadar kolesterol terlalu tinggi justru dapat berpotensi menyebabkan sejumlah penyakit dan komplikasi. Di antaranya meningkatkan risiko penyakit serangan jantung dan stroke.

Kolesterol didapat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari maupun kadar kolesterol yang dibentuk di dalam tubuh itu sendiri. 

Kolesterol baik (HDL-High Density Lipoprotein) berfungsi untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak. 


Ilustrasi kolesterol tinggi. (Istock Photo)

Sedangkan, Kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu penyebab utama pembentukan penyempitan pembuluh darah.

Jenis kolesterol yang ketiga yaitu kolesterol trigliserida dan yang keempat yaitu sering disebut total kolesterol.

Kolesterol tinggi adalah penyakit umum di negara - negara Barat, karena prevalensi kebiasaan makan yang buruk yang terus meningkat. Kondisi ini jarang menyebabkan kerusakan pada tahap awal, tetapi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti diabetes, disfungsi ereksi, penyakit pembuluh darah  perifer, stroke dan penyakit jantung koroner.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral