Ilustrasi Ibu Hamil.
Sumber :
  • pixabay

Ibu Hamil dengan Riwayat Diabetes Perlu Penanganan Khusus

Minggu, 4 Juni 2023 - 22:21 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes Dr. dr. Yuanita Asri Langi, SpPD-KEMD mengatakan bahwa ibu hamil yang mengalami diabetes perlu mendapatkan penanganan khusus, sebab gula darah yang tinggi akan mempengaruhi kehamilannya.

"Aliran darah pada ibu yang diabetes melitus dengan kadar gula darah yang tinggi, akan mempengaruhi proses kehamilan dan proses bayi di dalam kandungan. Itulah yang menyebabkan ibu hamil dengan diabetes melitus perlu penanganan secara khusus," kata Yuanita dalam satu acara di Jakarta, Minggu (4/6/2023).

Menurut Yuanita, ada dua jenis diabetes pada ibu hamil yaitu diabetes melitus hamil (DMH) dan diabetes mellitus gestasional (DMG).

Ia menjelaskan, DMH artinya ketika seorang wanita sudah didiagnosis menderita diabetes melitus kemudian hamil. Sementara DMG adalah ketika seorang wanita tidak pernah terdiagnosa menderita diabetes melitus, namun ketika hamil, kadar gula darahnya di atas normal.

Baik DMH maupun DMG, menurut Yuanita, perlu dikelola dengan baik karena kadar glukosa darah yang tinggi akan mempengaruhi fungsi dan perkembangan plasenta.

"Apa pun juga, kalau gula darah naik di atas normal akan mempengaruhi perkembangan dan fungsi plasenta," ujar Yuanita.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:56
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
Viral