Kenali Atresia Bilier.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Kenali Atresia Bilier, Penyakit Langka yang Bisa Sebabkan Kematian pada Bayi

Rabu, 7 Juni 2023 - 11:01 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Minggu (4/6) lalu seorang bayi Maura Dwy Shabila (9 bulan) warga Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, meninggal dunia akibat penyakit langka, Atresia Bilier yang sudah dideritanya sejak umur 3 bulan. 

Pernahkah Bunda mendengar penyakit langka yang menyerang hati anak ? Perlu diketahui bahwa Atresia Bilier ini adalah kondisi dimana terdapat gangguan aliran cairan empedu

Akibatnya, cairan empedu tidak dapat menuju usus dan terakumulasi di dalam hati, sehingga menimbulkan kerusakan hati (Sirosis). Kelainan ini merupakan salah satu penyakit yang jarang terjadi dan khas terjadi pada bayi baru lahir.

Dokter spesialis anak RSUD dr. Soedono Prov. Jatim di kota Madiun dr. Iin Fatimah, Sp.A, M. Ked.Klin mengatakan, penyakit Atresia Bilier ini bisa menyerang bayi siapa saja, dan sangat berbahaya karena bisa berujung pada kematian.

“Ya memang, Atresia Bilier ini adalah jenis penyakit yang jarang terjadi dan khususnya menyerang pada balita. Penyakit ini adalah kondisi buntunya saluran empedu akibat peradangan yang terjadi secara terus-menerus,” kata dr. Iin Fatimah saat dikonfirmasi di RSUD dr. Soedono Madiun, Rabu (7/6).  

Iin menambahkan, penyakit Atresia Bilier ini bisa menyerang bayi siapa saja, sehingga perlu ibu atau bunda waspadai seperti apa ciri-ciri nya bayi yang mengidap Atresia.

“Ciri-cirinya adalah adanya gejala kuning yang berkepanjangan pada bayi usia di atas 2 minggu dan warna tinjanya pucat,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral