Praktisi Kesehatan dari UGM dan RSUP Sardjito Saat Berbincang Terkait Penyakit Asam Lambung di UGM.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

Asam Lambung Naik? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya

Sabtu, 20 November 2021 - 07:20 WIB

Sleman, DIY - Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami oleh siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa sakit di ulu hati, mual, serta nyeri di bagian perut.

Kenaikan asam lambung yang berlebihan bisa dipicu oleh banyak faktor seperti stres, pola makan yang tidak teratur, atau kondisi dinding lambung yang mengalami kerusakan.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito dr. Neneng Ratnasari menyebut penyakit asam lambung erat kaitannya dengan kondisi stres dan kecemasan. Naiknya asam lambung tidak semuanya dipicu oleh faktor makanan atau gangguan pada lambung.

"Semua harus ada pemeriksaan penunjang. Sebagai dokter, kami harus menganamnesis (melakukan komunikasi dengan pasien) dan harus ada pembuktian," katanya.

Dijelaskan Neneng, ia kerap menjumpai pasien dengan kondisi anatomis lambung lambung cukup baik, tetapi sering mengalami kenaikan asam lambung berlebih. Hal ini disebabkan oleh tingkat kecemasan yang tinggi.

"Banyak diderita oleh pasien kita," ucapnya.

Selain faktor stres dan kecemasan, kebiasaan pola makan disebut Neneng juga memengaruhi naiknya asam lambung. Contohnya adalah langsung tidur setelah makan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:09
02:26
00:58
02:21
03:21
01:03
Viral