Ilustrasi.
Sumber :
  • Freepik

Jangan Takut Sendiri! Berikut Panduan Hidup Bahagia Bagi Jomblo Pemula

Minggu, 21 November 2021 - 11:42 WIB

Jakarta - Tak bisa dipungkiri, beberapa orang memang bahagia hidup sendiri. Tapi sebagian lainnya, hidup "solo career" menjadi tantangan tersendiri. Kalau kamu masuk dalam kelompok kedua, artikel ini cocok buatmu untuk bisa nyaman hidup sendiri.

Hidup sendiri bukan berarti kesepian

Penting untuk diketahui dua konsep yang berbeda tapi terkadang beririsan ini: hidup sendiri dan hidup kesepian. Bisa jadi kamu memang senang menyendiri. Kamu tidak antisosial, punya teman yang banyak, atau bahkan punya pasangan. Tapi kamu tetap menyenangi pola hidup me time. Itu namanya hidup menyendiri, tapi bukan kesepian.

Di sisi lain, kamu bisa saja dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman tapi kesulitan berkoneksi dengan orang-orang itu dan itu membuatmu hampa dan terputus dari hubungan sosial (disconnected0. Atau misalnya sendirian membuatmu sedih dan membutuhkan teman untuk berbagi. Itu baru namanya kesepian.

Berikut cara hidup sendiri namun tidak kesepian menurut situs kesehatan Healthline. Proses ini tak akan selesai dalam satu malam tapi dalam jangka panjang dapat membuatmu lebih nyaman dengan dirimu sendiri.

1. Stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Memang tidak mudah, karena manusia umumnya punya cita-cita dan keinginan untuk meningkatkan taraf hidup. Tapi sebagai awal, cobalah untuk tidak membandingkan kehidupan sosialmu dengan orang lain. Semisal jumlah teman yang dimiliki atau intensitas nongkrongmu dengan orang lain. Ingat bahwa orang yang memiliki teman banyak dan sering nongkrong belum tentu orang yang bahagia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
01:36
Viral