Jantung Tiba-tiba Berdebar, Apa Sebabnya?.
Sumber :
  • unsplash-Robina Weermeijer

Jantung Tiba-tiba Berdebar, Apa Sebabnya?

Minggu, 21 November 2021 - 16:21 WIB

Jakarta - Jantung berdebar atau dalam istilah kedokteran disebut dengan palpitasi, merupakan suatu sensai ketika irama jantung berpacu lebih cepat, lebih kuat, atau tidak teratur. Beberapa jenis jantung berdebar tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun dalam kasus lain, jantung berdebar bisa mengindikasikan kondisi serius.

Penyebab jantung berdebar sangatlah banyak, diantaranya adalah intensitas olahraga yang terlalu berat, konsumsi kafein dan alkohol yang berlebihan, stress, kurang tidur, dehidrasi, hingga anemia.

Meskipun pada umumnya, jantung berdebar itu tidak berbahaya, namun di beberapa kasus, jantung berdebar juga mengindikasikan adanya penyakit serius yang berhubungan dengan kondisi jantung. Mulai dari katup jantung yang rusak hingga gagal jantung.

Pengobatan jantung berdebar
Untuk mengatasi jantung berdebar, perlu diagnosa lebih lanjut. Terkadang, dokter pun tidak dapat menemukan penyebabnya. Namun, jika penyebab jantung berdebar yang dialami seseorang disebabkan oleh gaya hidup seperti merokok atau mengonsumsi terlalu banyak kafein, maka hal yang paling tepat adalah menguranginya.

Cobalah untuk mengidentifikasi pemicu jantung berdebar anda sehingga dapat dihindari. Catat aktivitas anda, serta makanan dan minuman yang anda makan. Catat juga waktu ketika anda mengalami palpitasi atau jantung berdebar.

Selain itu, jika anda cemas atau stres, cobalah latihan relaksasi, pernapasan dalam, yoga, atau tai chi. Jika obat yang anda konsumsi menyebabkan jantung anda berdebar, tanyakan kepada dokter anda apakah ada alternatif lain. Usahakan juga untuk berolahraga secara teratur dan atur pola makan.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral