Ilustrasi. Orang Sedang Berjalan di Bawah Hujan dengan Menggunakan Payung.
Sumber :
  • Antara

Waspada Lima Penyakit Langganan di Musim Hujan

Senin, 22 November 2021 - 21:06 WIB

Jakarta - Musim hujan sering dikaitkan dengan penyakit flu. Selain itu, masih ada beberapa penyakit lain yang perlu diwaspadai ketika musim hujan datang.

Spesialis penyakit dalam, konsultan penyakit infeksi, dr. Robert Sinto, SpPD dalam acara Hidup Sehat tvOne menjelaskan beberapa penyakit yang kerap muncul di musim hujan.

Sakit kepala dan tenggorokan

Dokter Robert mengatakan, musim hujan sering diasosiasikan dengan infeksi saluran pernapasan atas, di mana gejalanya adalah sakit tenggorokan dan kepala. Sebabnya, di saat musim hujan suhu udara menjadi lebih dingin dan lembab sehingga virus menjadi lebih mudah berkembang biak.

"Mudah menularkan dari satu orang ke orang lain. Jadi angka kejadi infeksi saluran napas atas yang gejalanya sakit kepala dan tenggorokan meningkat dibanding musim kemarau," kata dr. Robert.

Flu

Dokter Robert pun meminta masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyakit flu di musim hujan yang memiliki gejala mirip dengan Covid-19. Meski kini angka transmisi lokal sudah rendah, tapi kewaspadaan tetap dibutuhkan. Lantas, bagaimana membedakan flu biasa dengan Covid-19?

Menurut dr. Robert, flu biasa akan membaik secara alamiah dalam 3-4 hari.

"Kalau dalam waktu itu tidak membaik malah makin buruk, tambah keluhan lain seperti sesak napas hebat, sakit kepala hebat, ke dokter dan melakukan pemeriksaan swab," jelasnya.

Diare

Dijelaskan dr. Robert, diare rentan terjadi saat musim hujan terkait dengan kebersihan. Hal ini bisa terjadi jika Anda punya kebiasaan jajan atau membeli makanan di pinggir jalan.

"Misalnya makan di kaki lima yang pencuciannya pakai air tertampung dari air hujan, jadi faktor risiko, mudah kena diare," ujarnya.

Alergi

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral