Makanan Murah Meriah Ini Mampu Jaga Gula Darah Tetap Terkontrol.
Sumber :
  • Freepik

Makanan Murah Meriah Ini Mampu Jaga Gula Darah Tetap Terkontrol

Sabtu, 27 November 2021 - 10:57 WIB

Jakarta - Penyakit diabetes merupakan salah satu kondisi kronis yang dapat mengakibatkan melonjaknya gula darah dalam tubuh jika tidak dikontrol. Makanan menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat menyebabkan adanya lonjakan maupun penurunan kadar gula darah

Beruntung, tak perlu mahal tapi makanan murah meriah berikut ini dapat membantu kadar gula darah kamu tetap terkontrol. Jika membicarakan makanan yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, maka kacang-kacangan berada di urutan teratas dalam daftar.

Dilansir dari American Diabetes Association, kacang-kacangan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Meskipun mengandung karbohidrat, tetapi kacang-kacangan mempunyai indeks glikemik (GI) yang rendah. 

Makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini berarti kacang-kacangan mampu mengendalikan dan mencegah terjadinya menyebabkan lonjakan besar dalam kadar glukosa darah. 

Sementara itu, American Diabetes Association menjelaskan bahwa kacang-kacangan dapat membantu mengontrol gula darah lebih baik dibanding makanan bertepung lainnya. Lantas, jenis kacang apa yang harus tepat dikonsumsi bagi penderita diabetes?  

Beberapa ahli merekomendasikan kacang kering atau kacang dalam kemasan kaleng tanpa sodium. Kamu bisa menambahkannya ke dalam menu sehari-hari beberapa kali seminggu.  

Bagi penderita diabetes, sangat penting untuk mengurangi asupan natrium karena kandungan garam dapat meningkatkan tekanan darah yang memiliki risiko tinggi bahkan dapat berakibat fatal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral