Hari AIDS Sedunia Diperingati Setiap Tanggal 1 Desember, Kenali Gejala HIV/AIDS Pada Wanita.
Sumber :
  • Freepik

Hari AIDS Sedunia Diperingati Setiap Tanggal 1 Desember, Kenali Gejala HIV/AIDS Pada Wanita

Rabu, 1 Desember 2021 - 14:16 WIB

Jakarta - Seperti diketahui, Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember sebagai bentuk kesadaran bahwa banyak mereka yang telah meninggal karena penyakit tersebut. Menurut data terbaru, hampir 38 juta orang di seluruh dunia hidup dengan HIV.  

Sementara itu, kasus AIDS pertama dilaporkan pada tahun 1981. Sejak saat itu, 75 juta orang telah terinfeksi HIV. Puluhan juta orang telah meninggal karena penyebab terkait AIDS. 

Banyak yang telah dilakukan, terutama dalam beberapa dekade terakhir, untuk mengatasi AIDS. Meskipun masih belum ada obatnya, kemajuan signifikan telah dibuat. 

Jumlah orang yang baru terinfeksi telah menurun. Jumlah kematian terkait AIDS telah turun. Selain itu, jumlah orang yang menerima pengobatan yang efektif telah meningkat. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui gejala HIV/AIDS yang mungkin 

Gejala HIV/AIDS Pada Wanita
Melansir dari situs Webmd tanggal 1 Desember 2021, ada beberapa tanda yang hanya terjadi pada wanita yang harus diwaspadai, diantaranya:

1. Mengalami perubahan pada saat menstruasi
Anda mungkin mengalami pendarahan yang lebih ringan atau lebih berat, waktu menstruasi terlambat, atau mengalami PMS yang parah. Selain itu, stres atau penyakit menular seksual lainnya, yang umum terjadi pada HIV, juga dapat memperparah kondisi ini. 

Namun, perubahan yang terjadi saat menstruasi juga bisa disebabkan oleh infeksi virus pada sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengubah hormon.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
04:29
Viral