Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh. Adib Khumaidi dalam Acara Media Briefing Terkait "Bagaimana Menangani dan Mengatasi Diabetes di Indonesia?", Senin (13/11/2023).
Sumber :
  • tim tvOnenews/Farid Nurhakim

Selain Kanker, Diabetes Melitus Juga Jadi Penyakit yang Bebani Pembiayaan BPJS Kesehatan, Ketum IDI Sarankan Masyarakat Pantau Kesehatan Sejak Dini

Senin, 13 November 2023 - 13:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh. Adib Khumaidi mengungkapkan bahwa kasus diabetes melitus (DM) menjadi salah satu penyakit yang membebani pembiayaan kesehatan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

"Jadi kalau kasus-kasus yang penyakit yang di BPJS [Kesehatan], yang kemudian membebani pembiayaan kesehatan, salah satunya adalah diabetes, di antara penyakit cancer (kanker), kardiovaskuler, dan juga yang berkaitan dengan penyakit gagal ginjal kronis," tutur Adib, sebagaimana dalam keterangannya yang dipantau tim tvOnenews.com via zoom dalam media briefing terkait "Bagaimana Menangani dan Mengatasi Diabetes di Indonesia?", Senin (13/11/2023). 

Adib mengimbau agar masyarakat dapat segera mengetahui cara mengatasi penyakit diabetes dan komplikasinya, termasuk mengenali resikonya, tanda-tanda secara dini penyakit DM.

“Serta bagaimana meresponsnya,” sarannya.

Selain itu, Adib juga menyebut PB IDI membutuhkan dukungan media serta kelompok masyarakat untuk melakukan upaya preventif promotif terkait dengan masalah diabetes.

"Terkait dengan analisa biaya penyakit diabetes melitus yang sudah menjadi sebuah penyakit katastropik yang mohon maaf mungkin ya bisa dikatakan membebani pembiayaan kesehatan," ucap Adib. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral