Kerja sama Pusat Rehabilitasi YAKKUM dan Dinkes Gunungkidul falam penanganan kasus ODDP, Rabu (8/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Miris, Ribuan Penderita ODDP di Gunungkidul, Belasan Diantaranya di Pasung

Rabu, 8 Desember 2021 - 12:46 WIB

Gunungkidul, DIY - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, mencatat ribuan warga di kabupaten ini terdiagnosa sebagai Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP). Bahkan belasan diantara mereka terpaksa dipasung.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, sampai saat ini ada 1.444 warga yang sudah terdata sebagai ODDP. Angka tersebut didapat dari hasil pemeriksaan seluruh puskesmas.

"Ironisnya, dari informasi yang kami terima, ada 17 ODDP yang dipasung di rumahnya," kata Dewi, Rabu (8/12/2021).

Bentuk pemasungan, jelas Dewi, beragam. Mulai dari dikurung dalam ruang tertutup dan secara terpisah dengan anggota keluarga yang lain, hingga diikat tangan atau kakinya.

Dewi menjelaskan, tindakan pemasungan terpaksa diambil, karena dimungkinkan anggota keluargannya yang berstatus ODDP tersebut merupakan beban bagi mereka. Selain itu, mereka juga merasa tak lagi sanggup menangani saudaranya sendiri.

"Jelas bahwa ini tidak manusiawi, dan kami terus berupaya memberikan edukasi pada keluarga pendamping ODDP, agar mereka bisa menangani anggota keluarganya yang ODDP, dan tidak melakukan pemasungan lagi," terang Dewi.

Layanan penanganan pada ODDP, menurut Dewi, sudah cukup baik. Namun demikian peran keluarga dan lingkungan sekitar jauh lebih penting dalam melakukan penanganan kasus ODDP.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral