Ilustrasi.
Sumber :
  • Pexel.com

Catat! Ini Waktu dan Intensitas Olahraga yang Tepat Saat Berpuasa

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Berpuasa tidak menjadi halangan untuk melakukan olahraga, hanya saja penting diperhatikan dalam mengatur waktu dan intensitas olahraga semasa menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

"Kita bisa meluangkan waktu 30 hingga 45 menit untuk berolahraga setelah berbuka dan sebelum shalat tarawih," kata Pakar dan pelatih kebugaran di Kota Samarinda, Reza Fatchurahman.

Oahraga juga bisa dilakukan menjelang waktu berbuka puasa, lanjutnya, agar tubuh terhindar dari kemungkinan mengalami dehidrasi dan bisa segera mendapat asupan nutrisi untuk memulihkan energi.

"Setelah berolahraga, kita memiliki waktu terbaik, di mana tubuh sangat membutuhkan nutrisi. Jadi, sangat penting untuk mengisi kembali energi dengan makanan yang bergizi," katanya.

Tak Hanya itu, intensitas olahraga selama berpuasa sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga, seperti menjelang berbuka atau setelah sahur, agar tubuh tetap terhidrasi dan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setelah berolahraga.

                                                             Ilustrasi

"Tubuh kita perlu beradaptasi dengan kondisi saat berpuasa. Jadi, mungkin kita perlu mengurangi intensitas untuk menghindari kelelahan dan dehidrasi," katanya.

Selain itu, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani tubuh, seperti jalan cepat, yoga, atau bersepeda, agar tidak menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Selalu dengarkan sinyal tubuh dan hentikan olahraga jika merasa lelah atau pusing.

"Melakukan olahraga seperti senam atau angkat beban sebanyak tiga sampai empat kali seminggu sudah cukup, dengan durasi 30 menit," katanya.

Selain itu, penting untuk menyeimbangkan aktivitas olahraga dengan konsumsi makanan bergizi selama berpuasa. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta serat dan vitamin yang cukup agar tubuh tetap terjaga energinya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral