Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • (Antara/Pixabay)

Catat! Ini Usia Kehamilan yang Aman Bagi Ibu Hamil untuk Mudik

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:53 WIB

 

Jakarta, tvOnenews.com - Dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengatakan trimester kedua atau saat usia kehamilan menginjak 12-28 minggu dinilai paling aman jika ibu hamil ingin melakukan perjalanan mudik.

"Yang aman bagi ibu untuk melakukan perjalanan terutama perjalanan jauh lebih baik pada trimester kedua, yaitu posisi ibu hamil paling nyaman, lagi enak-enaknya," kata Erwinsyah dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, di usia kehamilan ini ibu juga sudah tidak mengalami mual muntah yang seringkali dirasakan saat awal kehamilan dan posisi perut juga masih di atas sehingga masih nyaman untuk melakukan perjalanan.

Selain itu, memasuki usia kehamilan trimester kedua, frekuensi buang air kecil sudah lebih berkurang dibandingkan ketika masih trimester pertama.

Erwinsyah menyarankan untuk menunda perjalanan jika kehamilan sudah memasuki usia 30 minggu ke atas karena berisiko rasa tidak nyaman di bagian bawah, sering buang air kecil karena berat janin, serta panggul yang tidak nyaman karena sebagian besar di usia ini janin sudah masuk ke area panggul atau jalan lahir.

"Pada trimester ketiga karena perutnya sudah besar biasanya mulai nggak enak di bagian bawah, karena sebagian bayinya sudah masuk ke atas panggul, bisa merasakan tidak nyaman di bagian punggung sering sakit bagian bawah," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral