Bagi Pemudik yang Alami Pembesaran Prostat Wajib Waspada, Dokter Spesialis Urologi Mutlak Sarankan Tak Konsumsi Minuman Manis.
Sumber :
  • ANTARA

Bagi Pemudik yang Alami Pembesaran Prostat Wajib Waspada, Dokter Spesialis Urologi Mutlak Sarankan Tak Konsumsi Minuman Manis

Jumat, 29 Maret 2024 - 06:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Musim mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi tradisi selama hari raya Lebaran di Indonesia. Beragam pemudik dari kota ke kampung halaman pun beragam, tak terkecuali bagi yang memiliki masalah pembesaran prostat.

Para urolog sepakat memberi saran kepada para pemudik yang mengalami gangguan tersebut agar tidak mengonsumsi minuman manis selama perjalanan.

Jika minum-minuman manis, para penderita pembesaran prostat bakal teganggu bahkan memperburuk kondisi kantung kemih.

“Bagi pemudik penderita pembesaran prostat, selama dalam perjalanan hal yang harus diperhatikan pertama adalah menghindari minuman yang menyebabkan frekuensi kantung kemihnya meningkat,” kata Dokter Spesialis Urologi Rumah Sakit Abdi Waluyo dr Samycha Jusuf dalam media briefing di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Samycha menuturkan dalam perjalanan mudik, waktu untuk buang air kecil akan sangat terbatas sehingga menyebabkan banyak orang terpaksa untuk menahannya.

Akibatnya, orang yang menahan buang air tersebut akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi.

Dia khawatir jika hal tersebut dilakukan dalam waktu yang panjang, seseorang akan terkena gangguan fungsi ginjal karena adanya pembengkakan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
01:33
Viral