Khasiat kayu manis, mengontrol gula darah hingga kesehatan usus besar.
Sumber :
  • (ANTARA/Shutterstock/Oksana Shufrych)

Ini Dia Sejumlah Khasiat Kayu Manis, Dari Masakan Hingga Kesehatan

Sabtu, 1 Januari 2022 - 09:16 WIB

Jakarta  - Kayu manis atau cinnamon adalah rempah-rempah dengan aroma dan rasa yang unik. Biasa digunakan untuk minuman dan makanan, kayu manis juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Tak hanya sebagai bahan utama masakan, kayu manis juga digunakan untuk pengobatan modern, wewangian dan lainnya. Dalam daun kayu manis mengandung dua senyawa utama cinnamaldehyde dan trans-cinnamaldehyde (Cin) yang memberikan aroma unik pada rempah-rempah.

Minyak atsiri kayu manis, yang biasanya dibuat dari daunnya, ternyata memiliki kandungan Cin yang tinggi dengan manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Kulit pohon kayu manis mengandung katekin (antioksidan utama dalam teh hijau) dan procyanidins (antioksidan utama dalam buah beri).

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kayu manis, dikutip Boldsky pada Jumat.

1. Mengontrol gula darah

Kayu manis banyak digunakan tidak hanya untuk mengontrol kadar gula darah tetapi juga untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mencegah komplikasi terkait diabetes.

Menurut sebuah penelitian berdasarkan meta-analisis data uji coba terkontrol secara acak, konsumsi kayu manis dapat secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah dan LDL atau kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Ini dapat membantu penderita diabetes dalam pengelolaan kondisinya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral