Hati-hati! Kesepian Bisa Tingkatkan Risiko Demensia.
Sumber :
  • elements envato/Rido81

Hati-hati! Kesepian Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Rabu, 20 April 2022 - 12:19 WIB

Setiap orang terkadang dilanda rasa kesepian. Kesepian merupakan sebuah keadaan di mana seseorang merasa hampa, sendirian, dan tidak diinginkan. Para ahli sepakat bahwa rasa kesepian merupakan keadaan mental, bukan fisik. Maka dari itu banyak orang yang merasa kesepian padahal dirinya sedang berada di tengah keramaian atau di tengah orang-orang terdekatnya.

Mengapa orang kesepian?
Kesepian bisa terjadi karena beberapa alasan. Misalnya, anda mungkin merasa kesepian jika:

  • pindah sekolah atau pekerjaan
  • bekerja dari rumah
  • pindah ke kota baru
  • mengakhiri hubungan
  • hidup sendiri untuk pertama kalinya

Saat anda menyesuaikan diri dengan keadaan baru ini, perasaan kesepian mungkin berlalu, tetapi terkadang perasaan kesepian bertahan lebih lama. Bagi sebagian orang, tidak selalu mudah untuk membicarakan tentang perasaan kesepian. Bagi orang-orang yang sulit terbuka kepada orang lain, resiko kesepian akan lebih parah.

Selain itu, kurangnya koneksi yang intim dengan orang-orang sekitar seperti keluarga dan teman juga berkontribusi pada kesepian. Itulah sebabnya banyak orang yang dapat merasa kesepian bahkan tidak memiliki teman dekat.

Banyak bukti penelitian yang menyebutkan bahwa kesepian tidak hanya berpengaruh kepada kehidupan sosial tapi juga buruk bagi kesehatan. Kesepian bahkan dikaitkan dengan peningkatan resiko gangguan mood seperti depresi, gangguan kecemasan, stress, dan gangguan tidur.

Baru-baru ini, sekelompok peneliti mengatakan efek bahaya dari kesepian dan mengingatkan kepada masyarakat, para profesional kesehatan, dan juga pemerintah untuk menganggap kesepian sebagai masalah kesehatan yang harus ditanggapi serius.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral