Alasan Mengapa Sariawan Sering Muncul Saat Puasa.
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

Alasan Mengapa Sariawan Sering Muncul Saat Puasa

Minggu, 24 April 2022 - 12:20 WIB

Sariawan merupakan salah satu gangguan di dalam mulut yang sering terjadi di bulan puasa. Kondisi ini memanglah bukan kondisi yang membahayakan, tetapi membuat tidak nyaman saat makan, dan tidak jarang membuat seseorang tidak nafsu makan. 

Sariawan sendiri merupakan sebuah infeksi yang dapat menyebabkan luka di gusi atau di dinding mulut. Infeksi ini memang dapat terjadi kapan saja, tetapi orang akan lebih sering mengalami sariawan saat puasa. Lantas, apa yang menyebabkan sariawan mudah muncul saat puasa?

Sariawan sebenarnya muncul akibat kurang terjaganya kebersihan mulut, sensitif terhadap asam atau pedas, faktor hormonal, stres, kurang tidur, bahkan hingga kekurangan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, atau zat besi.  

Dilansir dari halodoc, banyak orang yang mengalami sariawan saat puasa karena kosongnya perut selama kurang lebih 12 jam. Kekosongan perut ini merangsang naiknya asam lambung dan bisa juga terbawa ke mulut, hingga memicu perkembangan bakteri dalam mulut.

Tidak adanya asupan makanan dan minuman selama berpuasa dapat memudahkan bakteri untuk berkembag biak dan memicu peradangan dalam mulut. Kondisi ini juga dapat diperparah dengan kurangnya asupan vitamin C dan vitamin B selama puasa.

Mencegah sariawan
Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat mencegah sariawan ketika berpuasa, diantaranya adalah:

Merawat dan menjaga kebersihan mulut
Menjaga kebersihan mulut yang bisa dilakukan untuk mencegah sariawan muncul kembali antara lain:

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral