Semakin Tua Usia Lebih Mudah Terkena Ambeien, Benarkah Begitu?.
Sumber :
  • unsplash

Lansia Lebih Mudah Terkena Ambeien, Benarkah Begitu?

Selasa, 26 April 2022 - 11:15 WIB

Semakin bertambah usia, tubuh kita tidak berfungsi seperti saat muda. Metabolisme mulai melambat, fungsi beberapa organ pun mulai mengalami penurunan. Tubuh kita pun akan banyak mengalami masalah kesehatan.

Gangguan kesehatan seperti ambeien pun disebut-sebut kerap terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Benarkah seperti itu?

Ambeien
Wasir atau ambeien dalam istilah kedokteran disebut dengan hemorrhoids. Kondisi ini muncul ketika ada pembesaran atau pelebaran pembuluh darah di sekitar anus yang disebabkan oleh proses pembengkakan dari pembuluh darah tersebut.

Ambeien memang tidak menyebabkan kematian dan pada stadium ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi kondisi ini sangat mengganggu aktivitas penderita karena ambeien bisa sangat menyakitkan.

Namun, apabila ambeien tidak ditangani secara tepat, pada keadaan yang sudah parah, pembuluh darah yang membesar akan pecah. Pembuluh darah yang pecah ini dapat menyebabkan pendarahan di anus.

Berdasarkan lokasi dan gejalanya, ambeien dibedakan menjadi 2 jenis.

Ambeien dalam (internal hemorrhoid)
Ambeien ini terjadi di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Benjolan ambeien dalam mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus sehingga jarang menimbulkan keluhan. Ambeien ini termasuk dalam ambeien yang ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral