Banyak Diderita Anak-anak, Kenali Apa Itu Diabetes Tipe 1.
Sumber :
  • unsplash

Banyak Diderita Anak-anak, Kenali Apa Itu Diabetes Tipe 1

Kamis, 28 April 2022 - 11:19 WIB

Ternyata diabetes tipe 1 tidak hanya diderita oleh orang dewasa. Anak-anak ternyata juga bisa mengidap penyakit autoimun ini. Diabetes tipe 1 terjadi saat sistem kekebalan tubuh tidak mengenali sel-sel yang membuat insulin di pankreas dan menyerang sel-sel ini. Akibatnya, tubuh tidak mampu memproduksi cukup insulin.

Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan sebutan diabetes juvenile karena sering menyerang anak-anak. Namun, penyakit ini juga banyak diderita oleh bayi dan dewasa.

Menurut CDC, diperlukan waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk menghancurkan sel-sel penghasil insulin dalam pankreas hingga gejala diabetes tipe 1 akhirnya bisa muncul. Namun, ciri-ciri diabetes tipe 1 cukup kentara dan cenderung berkembang dalam waktu singkat.

Menurut data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), angka kejadian diabetes pada anak usia 0-18 tahun di Indonesia meningkat hingga lebih dari 1000 kasus dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Namun IDAI mencatat, ada 1.249 anak Indonesia yang terdiagnosis dengan Diabetes Melitus Tipe-1 (DMT1) selama periode 2017-2019.

Gejala diabetes tipe 1
Meskipun umumnya penderita diabetes tipe 1 tidak benar-benar menunjukkan gejala yang terlihat, tetapi pada sebagian anak lain ada beberapa gejala yang biasa terlihat, diantaranya:

1. Sering haus dan buang air kecil
Kadar gula darah berlebih akan dibuang melalui urine. Hal ini membuat anak sering buang air kecil atau bahkan mengompol. Banyaknya cairan tubuh membuat anak akan cepat merasa haus dan minum lebih banyak dari biasanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral