Anak dari Orang Tua Diabetes Harus Waspada Hal Ini.
Sumber :
  • pixabay/TesaPhotography

Anak dari Orang Tua Diabetes Harus Waspada Hal Ini

Kamis, 5 Mei 2022 - 18:28 WIB

Diabetes atau dikenal juga dengan penyakit gula merupakan kondisi yang kompleks. Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa atau gula darah. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik ini akan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu terjadinya diabetes. Tidak hanya gaya hidup dan obesitas, faktor genetik dan riwayat keluarga juga dapat menjadi pemicunya. Jika anda merupakan anak dari orang tua yang mengidap diabetes, atau anda merupakan orang tua pengidap diabetes, anda harus lebih waspada. Simak alasannya!

Menurut American Diabetes Association, jika kedua orang tua mengidap diabetes, maka kemungkinan anda mengidap diabetes adalah 50 persen. Hal ini karena diabetes dapat dipicu oleh faktor genetik. Faktor lingkungan dan gaya hidup yang kurang sehat juga dapat meningkatkan risiko bagi keturunan pengidap diabetes untuk terserang penyakit tersebut.

Walaupun risiko besar dengan adanya faktor genetik, diabetes juga bisa menyerang orang yang tidak memiliki riwayat diabetes di keluarganya. Kondisi ini dipengaruhi beberapa hal, seperti:
 

  • Obesitas
  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar trigliserida dan kolesterol tinggi. 
  • Riwayat diabetes pada saat kehamilan.

Hal yang perlu dilakukan anak keturunan diabetes
Dikutip dari Alodokter, anak dengan orang tua yang memiliki riwayat diabetes perlu meningkatkan kewaspadaannya. Berikut hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko diabetes akibat faktor keturunan:

Memperhatikan asupan makanan
Menurunkan risiko diabetes sebagai penyakit turunan adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Anak dari orang tua dengan diabetes perlu mulai menerapkan hidup sehat dan mengurangi porsi karbohidrat berlebihan seperti nasi dan tepung-tepungan. Selain itu, perlu juga mengurangi, bahkan menghindari makanan yang mengandung kolesterol jahat seperti gorengan, mentega, dan kuning telur.
 
Olahraga Rutin
Olahraga secara rutin merupakan kunci dalam menurunkan risiko diabetes. Bagi anak keturunan penderita diabetes atau tidak, olahraga secara rutin sangatlah penting. Luangkan waktu berolahraga 40 hingga 60 menit secara rutin. Pilihlah jenis olahraga ringan seperti kardio dan aerobik untuk membakar kalori.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
04:36
Viral