Ilustrasi perawatan kuku.
Sumber :
  • Freepik.com

Tips Merawat Kutikula Kuku Dengan Aman

Jumat, 6 Mei 2022 - 15:53 WIB

Memiliki kuku yang bersih merupakan satu tanda bahwa seseorang bisa menjaga kebersihannya dengan baik. Ini berlaku bagi wanita dan pria. Namun, bagi segelintir wanita mempunyai kuku yang panjang dan tajam adalah definisi dari kuku indah untuk dihias dengan cat kuku yang bervariasi, tanpa memikirkan kebersihan dan cara merawatnya. 

Padahal merawat kuku sangatlah penting bagi penampilan dan kesehatan seseorang, beberapa upaya untuk merawat kuku yaitu dengan cara memotong serta membersihkannya menggunakan alat bantu seperti gunting kuku, pinset dan alat pembersih lainnya. 

Tak hanya kuku yang dipotong, biasanya seseorang akan ikut membersihkan bagian kulit kulit kering yang terdapat di sekitar kuku. 

Bagian kulit itu sering disebut dengan kutikula, kutikula kuku adalah lapisan kulit mati yang berada tepat di pangkal kuku kaki serta tangan dan mengelilingi di setiap sisi kuku, biasanya memiliki warna keputihan.  

Kutikula kuku mempunyai fungsi sebagai pelindung kuku yang mulai ditumbuhi kantong kecil, posisinya berada di bawah kulit. Di dalam bidang kesehatan hal ini sering disebut dengan matriks kuku. Sehingga kutikula dapat terhindar dari infeksi.

Kutikula sering kali ikut dipotong dengan alasan merusak nilai keindahan kuku, sehingga agak kurang indah untuk dipandang. Terkadang, kutikula juga membuat pinggiran kuku menjadi terlihat kering dan tidak sehat. 

Namun, ternyata sangat tidak disarankan untuk memotong dan membersihkannya karena banyak fungsi yang terdapat pada kutikula kuku. Para dokter spesialis kulit sepakat, bahwa kutikula tidak boleh dipotong saat melakukan perawatan kuku, baik di salon kecantikan maupun saat di rumah. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral