Ilustrasi tangan yang sedang donor.
Sumber :
  • unsplash.com

4 Manfaat Rutin Donor Darah Bagi Tubuh

Selasa, 10 Mei 2022 - 16:56 WIB

Donor darah merupakan salah satu kegiatan sosial yang sangat mulia. Lewat kegiatan ini,  seseorang mampu menolong terhadap sesama untuk orang yang membutuhkan tambahan darah. Donor darah ini dilakukan secara sukarela tanpa adanya rasa pamrih apalagi bayaran. 

Banyak kekhawatiran atas dampak yang diberikan dari mendonor darah, sehingga tak sedikit orang yang takut untuk melakukan kegiatan ini. Padahal, melakukan donor darah sangatlah aman dan tidak berbahaya. 

Mungkin yang harus sedikit diperhatikan yaitu, beberapa pendonor akan merasakan efek samping berupa memar di daerah bekas suntikan yang akan menimbulkan rasa nyeri dalam jangka waktu yang tidak lama dan itu sangat wajar terjadi setelah melakukan donor darah. 

Donor darah sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Pada pria, donor darah boleh dilakukan setiap 12 minggu atau 3 bulan sekali. Sedangkan, pada wanita disarankan memberikan darahnya setiap 16 minggu atau 4 bulan sekali.

Hal ini lantaran, zat besi pada pria lebih banyak persediaannya dibandingkan dengan wanita. Alasannya yaitu, wanita menghadapi yang namanya datang bulan atau haid di setiap bulannya yang menyebabkan kehilangan banyak darah serta zat besi pada tubuhnya.

Ketertarikan untuk menyumbangkan darah melalui kegiatan donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan yang sangat berarti. Bahkan beberapa nyawa sekaligus. 

Harus diketahui, donor darah tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja, sebagai pendonor tentunya juga bisa mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan diri sendiri. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini mengenai manfaat donor darah secara rutin bagi tubuh. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral